mas template
Home » » Amankah kita dari petir ketika di dalam mobil

Amankah kita dari petir ketika di dalam mobil

Written By johny on Sunday 19 June 2011 | 15:18

Saat hujan dan petir menyambar-nyambar, jantung kita tak henti-henti dag dig dug… Apalagi saat kita melakukan perjalanan di tengah cuaca buruk, saat berada di tengah area yang jarang terdapat rumah penduduk. Petir bertendensi untuk menyentuh objek yang bersifat konduktor. Dan mobil yang sarat akan komponen metal tentu amat bertalenta menjadi konduktor yang baik.

Tetapi, jika kita menggunakan mobil, kita bisa bernafas lega dan jauhkan pikiran takut yang berlebihan. Kenyataannya, tempat perlindungan yang paling aman justru berada di dalam mobil itu sendiri.

Berikut penjelasannya :
Logam mempunyai sifat yang unik. Ketika pada logam tersebut diberi muatan listrik, maka muatan listrik akan segera tersebar di permukaannya. Mobil terbungkus oleh bahan logam (campuran alumunium). Ketika mobil tersambar petir, muatan listrik dari petir akan diterima oleh bahan logam ini lalu disebarkan ke seluruh permukaannya. Jika ada jalan ke bumi, muatan ini akan mengalir ke bumi. Orang yang berada di dalam mobil aman-aman saja. Ia terlindungi dengan baik karena tidak ada muatan listrik yang masuk mobil. Itu sebabnya kalau ada petir dan badai, sebaiknya tetap berada di dalam mobil. Jangan keluar, apalagi berlindung di bawah pohon atau di lapangan terbuka.

1 comments: